MENDIKBUD SIKAPI SOAL TINGGI ANGKA KETIDAKLULUSAN GURU DALAM UTN PLPG 2016

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh

Selamat Siang

Sinarberita.com Sebanyak 73% atau 2.831 guru dari 3.598 guru di Sumatera Utara (Sumut) tidak lulus ujian tulis nasional (UTN). Padahal, para guru itu sudah lulus Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) TA 2016.

Dengan demikian, hanya 767 guru yang lulus UTN dan berhak memperoleh sertifikasi 2017. "Ini memang memalukan," kata Ketua Tim Dikdas Dinas Pendidikan Sumut Erni Mulatsih.

Hasil gambar untuk muhadjir
Gambar Ilustrasi

Selama ini, sebut Erni, guru-guru di Sumut sudah terlalu enak, sehingga tidak mau belajar dan tidak mengutamakan kualitas. Sehingga diterapkan mutu pendidikan dengan kurikulum 2013 (K-13).

Dikatakan juga, selama ini, nilai sertifikasi sudah terlalu tinggi, sehingga para guru mengejar-ngejar sertifikasi, sementara tidak punya kemampuan dalam mengajar. Banyak guru sudah mengajar sistem jam terbang, beri tugas ke siswa, lantas lari ke sekolah lain. Sekolah yang jadi tanggung jawabnya diabaikan. Jam mengajarnya pun kurang dari yang semestinya.

Bagi guru tidak lulus UTN, pemerintah memberikan kesempatan 4 kali mengulang. Pelaksanaannya, yakni pertama Maret-April 2017, yang kedua 6 bulan setelahnya. Dalam setahun hanya dua kali pelaksanaan mengulang UTN.

Menyikapi hal ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir berjanji akan melakukan pengecekan sekaitan tingginya angka ketidaklulusan guru yang tidak lulus Ujian Tulis Nasional hingga 73 persen.

"Kita akan cek dulu dan menindaklanjuti informasi tersebut, terlebih ini mengenai masalah kualitas dan nasib guru," ucap Muhadjir Effendy disela-sela kunjungan kerjanya ke Pasca Sarjana UMSU di Jalan Denai Ujung Medan.

Meski berkomentar singkat tentang ketidaklulusan tersebut, namun persoalan ini akan menjadi atensi khusus baginya.Sebelumnya, 73 persen atau 2.831 guru dari 3.598 guru di Sumut tidak lulus Ujian Tulis Nasional (UTN) dalam Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) TA 2016.

Sehingga hanya 767 guru berhak memperoleh sertifikasi 2017, meski bagi para guru yang tidak lulus dapat mengulang pada Maret-April 2017 akan tetapi ini menjadi sorotan berbagai kalangan di Sumatra Utara.

Download Aplikasi SUMBER INFORMASI PGRI di HP Android Anda Untuk Dapatkan Berita Terbaru Seputar Pendidikan dan Profesi Keguruan Setiap Hari, Silakan Instal Aplikasinya https://play.google.com/store/apps/SumberInformasiPgri


Demikian berita terkini yang dapat sinarberita.com bagikan yang berhasil kami himpun dari medanbisnisdaily.com dan dnaberita.com, semoga bermanfaat.
Untuk info terbaru lainya silakan kunjungi laman DISINI

0 Response to "MENDIKBUD SIKAPI SOAL TINGGI ANGKA KETIDAKLULUSAN GURU DALAM UTN PLPG 2016"

Poskan Komentar