GURU HENDAKNYA JANGAN DIBEBANI TUGAS ADMINISTRASI DAN KEUANGAN SEKOLAH

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh

Selamat Siang

Sinarberita.com - Tugas pokok guru itu mengajar dan mendidik, bukan mengurus tugas administrasi dan keuangan sekolah.

Guru SD di Kabupaten Magelang hendaknya jangan dibebani tugas tambahan mengurus administrasi dan keuangan sekolah. Biarkan mereka fokus mencerdaskan anak didik melalui kegiatan belajar mengajar (KBM).

Hasil gambar untuk tugas administrasi guru
Gambar Ilustrasi

“Tugas mereka menjadi guru. Bukan mengurusi administrasi dan keuangan sekolah. Persoalan ini harus segera dicarikan solusi,” kata, Arif Rohman Imam, Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Magelang, Kamis (5/1).

Ia berharap, tugas tambahan guru tersebut jangan sampai menimbulkan ekses terhadap proses KBM dan ujungnya siswa yang dirugikan. Urusan administrasi dan keuangan tidak sederhana, tetapi diperlukan kecermatan.

Sebenarnya, keluhan para guru SD di atas sudah muncul sejak hampir satu dasar warsa atau sejak adanya kebijakan pemerintah memberikan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Dalam beberapa kesempatan rapat dengan eksekutif, Arif menyinggung masalah ini. Tetapi sejauh ini belum ada solusi dari dinas maupun bupati.

Ia mengingatkan, jumlah guru SD di Kabupaten Magelang tidak sebanding dengan jumlah kelas yang diampu. Dalam keseharian di sekolah, sebagian guru juga harus mengajar anak-anak didik lebih dari satu kelas.

Ketua Fraksi PPP, Muhammad Sobikin, menilai, tugas tambahan guru SD itu sangat membebani para guru SD. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), hendaknya memberi kebijakan khusus untuk mencarikan solusi atas persoalan ini.

Misal, merekrut tenaga kontrak yang diberi tugas khusus di bidang tata usaha. “Honornya bisa diambilkan dari sebagian dana BOS, atau sumber lain yang dipastikan tidak mengganggu program KBM di sekolah bersangkutan,” sarannya.
(Sumber : suaramerdeka)

Download Aplikasi SUMBER INFORMASI PGRI di HP Android Anda Untuk Dapatkan Berita Terbaru Seputar Pendidikan dan Profesi Keguruan Setiap Hari, Silakan Instal Aplikasinya https://play.google.com/store/apps/SumberInformasiPgri


Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di www.sinarberita.com. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.. Untuk info terbaru lainya silakan kunjungi laman DISINI

0 Response to "GURU HENDAKNYA JANGAN DIBEBANI TUGAS ADMINISTRASI DAN KEUANGAN SEKOLAH"

Poskan Komentar